English | 简体中文 | 繁體中文 | 한국어 | 日本語
Tuesday, 16 October 2012, 15:02 HKT/SGT
Share:
    

Source: GE
GE Tanda Tangani Letter of Intent dengan Perusahaan Listrik Negara Untuk Kembangkan Proyek Percontohan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di Sumba

Nusa Dua Bali, Indonesia, Oct 16, 2012 - (ACN Newswire) - General Electric (NYSE: GE) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) hari ini menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk bekerja sama dalam mengembangkan program energi terbarukan dengan menggunakan teknologi Integrated Biomass Gasification dan tenaga ahli dari GE. LOI ini juga bertujuan untuk mengembangkan peluang untuk menerapkan teknologi ini melalui proyek percontohan pembangkit tenaga listrik di Sumba dan pulau-pulau lainnya dengan menggunakan serpih kayu sebagai bahan bakar. Proyek ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 1 Megawatt untuk masyarakat dan industri kecil di daerah terpencil di Sumba.

Komitmen antara PLN dan GE akan menggunakan bahan bakar terbarukan untuk menghasilkan tenaga listrik guna memanfaatkan banyaknya sumber daya energi terbarukan yang terdapat di Indonesia.

"PLN yakin bahwa teknologi dan tenaga ahli dari GE dapat memainkan peranan penting dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga biomassa di Indonesia," ungkap Nur Pamudji, President Director Perusahaan Listrik Negara.

"Kesuksesan proyek percontohan pembangkit listrik di Sumba dan pulau-pulau lainnya ini akan menunjukkan kelayakan teknis dan ekonomi dari perluasan jaringan listrik ke daerah terpencil dengan menggunakan bahan bakar biomassa dan akan menjadi contoh untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga biomassa di daerah-daerah lain di Indonesia. Kami sangat optimis," ia menambahkan.

"GE berkomitmen untuk membawa teknologi terdepan dan solusi untuk membantu Indonesia mengatasi tantangan dalam membangun negara. Kami sangat senang dapat mendukung mitra kami, PLN, dalam usaha mereka untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan listrik secara berkelanjutan, serta memberikan tenaga listrik yang sangat dibutuhkan bagi jutaan masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pedesaan," ungkap Handry Satriago, CEO GE Indonesia.

Teknologi mesin gas (gas engine) GE telah banyak digunakan di sektor kelistrikan di Indonesia. Lebih dari 700 unit yang terdiri dari mesin Jenbacher dan Waukesha telah beroperasi dengan menggunakan bahan bakar gas alam dan non gas alam. Tiga puluh persen dari mesin-mesin tersebut digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik secara ramah lingkungan dan menggunakan bahan bakar terbarukan dari palm oil mill effluent, biogas dari limbah pertanian, gas sintetik (syngas) dari batu bara rendah kalori, coal bed methane, dan produk-produk dari sektor minyak dan gas bumi.

Teknologi Integrated Biomass Gasification dari GE yang dikembangkan oleh GE Global Research Center, adalah solusi yang telah terbukti dapat mengolah gas sintetis dari bahan baku biomassa menjadi tenaga listrik.

Teknologi ini mendukung target Pemerintah Indonesia untuk mengurangi target emisi karbon sebesar 26 persen pada tahun 2020, serta meningkatkan penggunakan energi terbarukan dalam jaringan tenaga listrik di Indonesia.

Indonesia adalah pasar yang strategis bagi GE di ASEAN. GE telah beroperasi di kawasan ini selama lebih dari satu abad dan saat ini adalah mitra dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia di mana kami beroperasi di kawasan ini, antara lain di Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, dan sebentar lagi di Myanmar.

GE memiliki lebih dari 7.000 karyawan di kawasan ini. Di tahun 2011, GE di ASEAN mencatat penjualan (revenue) mendekati USD 3 milyar, yang sebagian besar dari sektor minyak dan gas bumi, listrik dan air, pengelolaan energi, kesehatan, penerbangan, dan transportasi.

Tentang GE

GE (General Electric) menangani hal-hal terpenting. Sumber daya manusia dan teknologi terbaik yang menjawab tantangan terberat. Memberi solusi di bidang energi, kesehatan, dan hunian, transportasi serta keuangan. Membangun, memberdayakan, menggerakkan dan menyembuhkan dunia. Tak hanya berimajinasi. Juga melakukan. GE berkarya. Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi situs GE Indonesia di www.ge.com/id/in atau blognya di www.ge-asean.com.

GE Energy beroperasi untuk menghubungkan manusia dan ide dimana saja guna menciptakan teknologi terdepan untuk menghasilkan energi di dunia yang lebih bersih dan lebih produktif. Dengan lebih dari 100.000 karyawan di lebih dari 100 negara, portofolio solusi produk dan layanan kami yang beragam dan pengalaman mendalam kami di industri membantu para pelanggan kami untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi di Negara mereka. Kami memberikan teknologi bagi berbagai bidang di sektor energi, seperti: gas alam, minyak bumi, batu bara dan tenaga nuklir; tenaga angina, surya, biogas dan pemrosesan air; pengelolaan energi; modernisasi jaringan listrik. Kami juga memberikan solusi yang terintegrasi bagi industri-industri yang menggunakan energi dan air dalam jumlah tinggi, seperti pertambangan, metal, kelautan, petrochemical, makanan dan minuman, dan bahan bakar alternatif.

Follow GE Energy di Twitter @GE_Energy.

For information, please contact:

Ariavita Purnamasari
GE GG&O Indonesia
+62 811891571
[email protected]

Celina Benjamin
GE GG&O ASEAN
+603 2267 1913
[email protected]

Adeline Teo
GE-Energy
+6597274500
[email protected]


Topic: Construction of Facility
Sectors: Energy, Alt. Energy
http://www.acnnewswire.com
From the Asia Corporate News Network


Copyright © 2020 ACN Newswire. All rights reserved. A division of Asia Corporate News Network.

 

GE Releated News
Aug 9, 2017 17:00 HKT/SGT
Finalists for the Asian Hospital Management Awards / AHMA 2017 Announced
May 26, 2016 10:30 HKT/SGT
Corporate Malaysia Welcomes the 4th Industrial Revolution
Jan 6, 2016 12:00 HKT/SGT
GE and Fujitsu Launch World's Best-Selling Smallworld(TM) Geographic Information System in Japan
July 29, 2015 12:00 HKT/SGT
Garuda and CFM International Partner to Provide LEAP-1B Engines for the Airline's 737 MAX Fleet
May 11, 2015 12:00 HKT/SGT
GE, iToolsOnline and FiberPlanIT join forces for FTTx Network Operators
More news >>
Copyright © 2020 ACN Newswire - Asia Corporate News Network
Home | About us | Services | Partners | Events | Login | Contact us | Cookies Policy | Privacy Policy | Disclaimer | Terms of Use | RSS
US: +1 800 291 0906 | Beijing: +86 400 879 3881 | Hong Kong: +852 8192 4922 | Singapore: +65 6653 1210 | Tokyo: +81 3 6859 8575