English | 简体中文 | 繁體中文 | 한국어 | 日本語
Wednesday, 23 February 2011, 11:00 HKT/SGT
Share:
    

Source: SingaporeMedicine
Singapura Memperkenalkan Prosedur Operasi Dengan Bantuan Robot Baru Untuk Pembedahan Kanker Paru-Paru

SINGAPORE, Feb 23, 2011 - (ACN Newswire) - Pusat Jantung Nasional Singapura (NHCS) baru-baru ini menuntaskan lobectomi yang dibantu tenaga robot pertama kali di kawasan Asia Tenggara. Untuk pertama kalinya di kawasan itu, cuping paru-paru yang menderita penyakit disembuhkan dengan menggunakan sistem robot yang canggih bernama Da Vinci Si Dual.

Perkembangan baru ini membuat NHCS salah satu dari 25 pusat di dunia yang menawarkan pembedahan lobectomi kepada para paseinnya.

Tenaga robot yang dilengkapi dengan kemampuan gerak tujuh derajat itu mampu melakukan manuver-manuver yang rumit. Alat canggih ini menawarkan artikuasi instrument dengan standar superior dengan kelegaan dan jangkauan gerak alat itu secara aktual jauh melebihi kemampuan tangan manusia. Sistem teknologi tinggi ini juga mampu menghilangkan gerakan yang gemetar yang umum terjadi pada tangan manusia. Gambar tiga dimensi dengan kemampuan pembesaran sangat tinggi yang dihasilkan kamera canggih serta rancang alat yang sangat ergonomis secara bersama-sama memungkinkan pembedahan dilakukan dengan ketepatan yang luar biasa dan sangat aman.

Nonya Goh Geck Khin merupakan salah seorang pasien dari dua pasien yang telah menjalani pembedahan labectomi yang dibantu robot di NHCS itu. Tumor sepanjang tiga sentimeter yang dideritanya dihilangkan dari paru-paru kanannya dan ia keluar empat hari setelah operasi operasi.

"Keluarga saya sangat kuatir mengenai saya selama saya dioperasi. Tetapi semuanya berjalan dengan baik. Saya bahagia dengan mengalami hanya empat luka kecil dan sedikit sakit saja," kata nenek berusia 71 tahun yang selalu semangat ini.

Dokter yang mengoperasi Nyonya Goh, Dr Su Jang Wen, Konsultan Departemen Bedah Cardiothoracic, NHCS menambahkan, "Rata-rata tinggal untuk pasien labectomi menggunakan robot adalah sekitar tiga sampai lima hari sedangkan untuk pembedahan terbuka rata-rata tinggalnya mencapai lima sampai tujuh hari."

Keakuratan prosedur juga berarti peningkatan keselamatan bagi pasien. Hasil pada pusat kesehatan lainnya di seluruh dunia memperlihatkan bahwa prosedur itu sebaik metode pembedahan terbuka dan kami sangat bersemangat untuk menerapkan pilihan ini kepada para pasien kami.”

Labectomi atau reseksi paru-paru secara tradisional dilakukan melalui sayatan dengan kepanjangan 10 sampai 16 sentimeter melalui dada dengan membuka tulang rusuk guna mencapai akses lubang dada. Sementara, prosedur terbuka masih dengan standar utama yaitu pasien mengalami rasa sakit yang lebih paran, lebih lama tinggal di rumah sakit dan resiko infeksi yang lebih tinggi serta periode penyembuhan yang lebih lama sebelum bisa melanjutkan kegiatan rutin. Selain itu, prosedur terbuka itu juga menyebabkan timbulnya bekas luka bagi pasien.

Dalam tahun-tahun terakhir ini, NHCS telah melakukan pembedahan thoracoscopic yang dibantu video (VATS) untuk pasien kanker paru-paru tahap dini. Ini merupakan cara sederhana minimal yang mengoperasi melalui empat syatan kecil dengan alat panjang khusus yang tidak perlu membentangkan tulang rusuk.

Namun, metode VATS memiliki keterbatasan. Cara itu melibatkan operasi paru-paru dari luar rongga dada sambil melihat gambar tiga dimensi di layar komputer. Sebagai hasilnya, persepsi atas kedalaman tidak tercapai. Teknik-teknik ini kemudian makin dibatasi oleh alat yang panjang dan rumit dengan kemampuan maneuver terbatas. Para dokter bedah juga sangat tergantung dari asistennya yang memegang kamera guna mengambil gambar dri dalam rongga dada.

Labectomi paru-paru yang dibantu robot saat ini ditawarkan untuk para pasien penyakit kanker pada tahap dini namun penerapannya diperkirakan akan meluas sampai ke operasi pembedahan kanker paru-paru yang lebih maju di masa depan.

NHCS memulai program operasi pembedahan cardiothoracic yang menyerang secara minimal (RAMICS) tahun 2006 dengan pembiayan dari SingHealth Endowment Fund. Program itu kemudian tumbuh menjadi makin kuat dan kini mencakup prosedur seperti
penyayatan internal mammary artery, penghilangan thymus gland, perbaikan mitral
valver, penutupan kerusakan congenital heart dan yang paling akhir adalah
labectomi paru-paru ini.

"Labectomi paru-paru yang dibantu komputer ini merupakan sejarah baru bagi program RAMICS NHCS. Cara itu juga menawarkan plihan baru bagi bagi dokter bedah paru-paru yang menginginkan pembedahan penyakit paru dini minimal yang lebih aman," kata Dr Tan Teing Ee, Konsultan Senior Department Bedah Cardiothoracic.

NHCS belum lama ini melakukan rata-rata 1600 bedah cardiothoracic setahunnya dengan 400 bedah paru/thoracic diantaranya.

Tentang Pusat Jantung Nasional Singapura

Pusat Jantung Nasional Singapura merupakan merupakan pusat rujukan kesehatan yang memiliki 185 ranjang dengan reputasi terdepan di kawasan dan nasional untuk penyakit radiovasculer. Sebuah fasilitas non-stop dengan dukungan spesialis jantung terbesar di Singapura, NHCS memiliki kemampuan merawat pasien dengan kasus penyakit yang rumit dan mampu menarik pasien di dalam negeri Singapura dengan jumlah terbanyak.

Setiap tahunnya, Pusat ini menampung lebih dari 100 ribu pasien luar yang hanya berkonsultasi, 6.000 pasien yang intervensional dan melakukan pembedahan serta 9.000 pasien rawat dalam. Hasil perawatan serangan jantung, operasi balloon angioplasty dengan stenting serta operasi bypass koroner di rumah sakit itu memperlihatkan hasil dengan mutu setara dengan standar internasional.

Tentang SingaporeMedicine

Diluncurkan tahun 2003, SingaporeMedicine merupakan kemitraan berbagai lembaga antara industri dengan pemerintah yang bertekad memperkuat posisi Singapura sebagai hub pelayanan kesehatan terkemuka di Asia dan mempromosikan Singapura sebagai tujuan pelayanan kesehatan terdepan berkelas dunia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.singaporemedicine.com.

Keterangan lebih lanjut Hubungi:

Teo Hwee Leng (Ms)
Komunikasi Perusahaan
Pusat Jantung SIngapura
Tel: +65 6236 7415,
Mobile: +65 9011 1353
Email: teo.hwee.leng@nhcs.com.sg


Topic: New Service
Source: SingaporeMedicine


https://www.acnnewswire.com
From the Asia Corporate News Network


Copyright © 2024 ACN Newswire. All rights reserved. A division of Asia Corporate News Network.

 

SingaporeMedicine Related News
Apr 4, 2011 18:05 HKT/SGT
Giải phẫu Landmark ở Singapore phục hồi thị lực cho bệnh nhân Đài Loan
Apr 4, 2011 18:00 HKT/SGT
Operasi Gemilang di Singapura Pulihkan Penglihatan Pasien Warga Taiwan
Apr 1, 2011 13:04 HKT/SGT
Bệnh nhân Indonesia trải qua điều trị phẫu thuật tại Singapore
Apr 1, 2011 13:00 HKT/SGT
Warga Indonesia Jalani Perawatan Pembedahan Rahang Yang Inovatif di Singapura
Mar 31, 2011 14:00 HKT/SGT
Landmark Operation in Singapore Restores Taiwanese Patient's Sight
More news >>
Copyright © 2024 ACN Newswire - Asia Corporate News Network
Home | About us | Services | Partners | Events | Login | Contact us | Cookies Policy | Privacy Policy | Disclaimer | Terms of Use | RSS
US: +1 214 890 4418 | China: +86 181 2376 3721 | Hong Kong: +852 8192 4922 | Singapore: +65 6549 7068 | Tokyo: +81 3 6859 8575